Penyaluran ADG 2010 Tertunda Lagi

Alokasi Dana Gampong (ADG) untuk 90 gampong di Kota Banda Aceh, hingga saat ini belum juga disalurkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh. Padahal, penyaluran dana tersebut sudah sempat molor dua kali dari jadwal yang ditetapkan, yaitu pada Maret kemudian ditunda lagi hingga Juni 2010.

Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Razali SAg meminta Pemko Banda Aceh tidak menunda lagi penyaluran dana tersebut, karena akan menghambat proses pembangunan di tingkat gampong. “Kami harap tidak ada lagi penundaan penyaluran dana tersebut, agar tidak menyulitkan aparat gampong dalam memanfaatkan dana tersebut, karena waktunya yang sudah sangat terlambat,” kata Razali, Kamis (8/7).

Dia juga meminta dana tersebut disalurkan 100 persen dalam satu tahap, tidak seperti tahun sebelumnya yang disalurkan dalam dua tahap. Sehingga tidak harus menunggu perubahan anggaran dalam menuntaskan penyaluran ADG tersebut, yang masing-masing gampong rata rata menerima Rp 50 juta.

“Jika disalurkan dalam dua tahap, pemanfaatan dana tersebut untuk pembangunan dikhawatirkan tidak maksimal,” kata Razali mengingat jadwal pembahasan APBK Perubahan hingga saat ini juga belum ditentukan.

Sementara itu, Asisten II Setdako Banda Aceh Bidang Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan, Drs Said Yulizal MSi mengungkapkan, ADG akan segera disalurkan bulan ini. “Saat ini proses administrasinya sedang dilakukan. Mudah-mudahan dana tersebut bisa disalurkan dalam beberapa minggu ke depan,” kata Said, kemarin.

Ditanya soal sudah dua kali penundaan penyaluran ADG, dia menjelaskan, keterlambatan penyaluran dana ADG itu disebabkan banyak pemerintah gampong yang belum menyelesaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (RAPBG) yang harus diajukan ke Pemko Banda Aceh. Beberapa di antaranya malah ada yang terpaksa dikembalikan untuk direvisi, karena tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Banyak draf RAPBG yang kami kembalikan untuk diperbaiki karena belum sesuai standar. Sehingga proses penyaluran ADG membutuhkan waktu lebih lama. Terkait hal itu, dalam waktu dekat kami juga akan melakukan pelatihan khususnya kepada sekretaris gampong, menyangkut tata cara pengelolaan keuangan,” pungkas Said Yulizal.(th)

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Penguatan & Pengembangan Kelembagaan Masy. dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s