Bersihkan Sampah Malam Lebaran

Petugas Kebersihan Siaga Hingga Dini Hari

BANDA ACEH – Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) Kota Banda Aceh, menyiagakan petugas kebersihan hingga Jumat (10/9) dini hari, untuk membersihkan sampah-sampah di seluruh jalan-jalan protokol Kota Banda Aceh. Petugas tersebut disiagakan mengingat hampir setiap malam lebaran, sampah diprediksikan meningkat dari biasanya. 

Kepala DKK Banda Aceh T Iwan Kesuma didampingi Kabag Humas Setdako Banda Aceh Drs Mahdi Ibrahim menyebutkan, pihaknya menyiagakan sebanyak 164 petugas dan pengawas untuk bekerja pada malam lebaran. Para petugas itu, mulai bekerja pukul 12.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB. Selain itu, DKK juga mengerahkan 23 unit armada truk, pikap, dan becak, untuk tugas tersebut.

“Pembersihan diprioritaskan di lokasi strategis seperti pusat pasar, Mesjid Raya Baiturrahman, dan jalan-jalan utama hingga ke perbatasan. Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat Kota Banda Aceh dapat merayakan Idul Fitri dalam suasana kota yang bersih, indah, dan nyaman,” kata Iwan Kesuma kepada Serambi, Rabu (8/9).

Menurut Iwan Kesuma, produksi sampah di Kota Banda Aceh selama bulan Ramadhan meningkat rata-rata 5 hingga 10 persen, terutama di lokasi-lokasi penjualan penganan berbuka. Lokasi-lokasi tersebut, kata Iwan, mencapai 500 titik. “Begitu juga malam lebaran. Setiap malam lebaran petugas harus membersihkan sisa-sisa sampah penganan, dan sampah hari meugang,” katanya.

Untuk itu, ia mengimbau para pedagang tidak berjualan lagi di atas pukul 03.00 WIB, malam Jumat. Pedagang juga diminta mengemas sampah dengan baik dan memasukkan ke tempat sampah yang disediakan. “Yang masih berjualan hari meugang kami minta untuk membersihkan lokasi berjualan dan memindahkan semua perlengkapan seperti meja dan lainnya,” pinta Iwan.

Ia menambahkan, selama hari raya Idul Fitri 1431 yaitu 10 dan 11 September 2010, pihaknya tidak dapat memberikan pelayanan pengangkutan sampah kepada warga kota Banda Aceh. Karena, para petugas juga diberikan kesempatan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarganya. “DKK hanya menyiagakan enam pesonel untuk membersihkan lokasi-lokasi strategis,” pungkas Kadis DKK Banda Aceh.(saf)

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s