Fasilitator PNPM Ikut Rakor

BANDA ACEH – Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program di lapangan, sebanyak 54 fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dari 18 kabupaten di Aceh, mengikuti rapat koordinasi (rakor), selama dua hari Kamis dan Jumat (15/16-9), di Permata Hati Training Center and Guest House, Aceh Besar.

Rakor PNPM MP-BKPG (Bantuan Keuangan Peumakmue Gampong) yang dibuka langsung Kepala BPM Aceh, Drs Muhammad Ali Basyah MM itu, menghadirkan sejumlah nara sumber. Hal itu dimaksudkan agar fasilitator diharapkan lebih meningkatkan kualitasnya, sehingga realisasi PNPM MP-BKPG lebih optimal.

Fasilitator Kabupaten (Faskab) Aceh Timur, Hamzah menyebutkan salah satu tujuan rakor yaitu mengevaluasi kemajuan progres pelaksanaan PNPM-MP. Mulai dari berapa banyak anggaran yang disalurkan, khususnya pada penerima manfaat fisik atau simpan pinjam serta berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan.

Selain itu, rakor dapat dimanfaatkan sebagai momen menghimpun informasi berskala nasional yang disampaikan nara sumber. Selanjutnya informasi itu dapat ditransfer kepada para pelaksana program. “Dari 54 fasilitator yang hadir ini, 18 di antara mereka fasilitator kabupaten (Faskab), 18 fasilitator keuangan, dan 18 orang fasilitator penanggung jawab operasional kegiatan kabupaten,” sebut Hamzah.

Dikatakan, nara sumber yang hadir mengisi Rakor PNPM MP-BKPG itu, di antaranya perwakilan Kanwil Ditjen Pajak Aceh, yang membahas tentang kebijakan penggunaan pajak dalam PNPM-MP, Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Aceh, Ir Izhar MM yang memamparkan tentang evaluasi hasil monev pelaksanaan BKPG tahun 2009-2010. Nara sumber lainnya yakni Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika yang mempresentasikan tentang persepsi publik terhadap PNPM MP dan BKPG.(mir)

http://www.serambinews.com/news/view/38980/fasilitator-pnpm-ikut-rakor

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Penguatan & Pengembangan Kelembagaan Masy. dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s