Visit Banda Aceh Year 2011:Pemko Andalkan Wisata Tsunami

BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menjadikan objek wisata tsunami dan wisata Islami, sebagai andalan untuk menarik wisatawan datang ke Banda Aceh. Objek wisata tsunami yaitu Kapal PLTD Apung yang terdampar di Desa Punge Blangcut, Kecamatan Jayabaru, dinilai memiliki nilai pariwisata yang cukup tinggi. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal kepada Serambi, Jumat (15/1), dalam rangka peluncuran Visit Banda Aceh Years 2011, di Jakarta, 19 Oktober 2010. Acara itu dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, dihadiri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, pejabat Dinas Pariwisata Aceh, pelaku pariwisata, dan masyarakat Aceh di Jakarta.
Menurut Illiza, Kapal PLTD Apung merupakan bukti sejarah terjadinya bencana gempa dahsyat berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) yang disusul gelombang tsunami, 26 Desember 2004 lalu. Bencana itu menyebabkan ratusan ribu jiwa masyarakat Aceh meninggal dunia dan hilang, serta meluluhlantakkan berbagai fasilitas umum. “Selain situs tsunami, juga ada objek wisata religius seperti Masjid Raya Baiturrahman dan Makam Kesultanan Aceh maupun jejak sejarah Kesultanan Aceh masa lalu. Termasuk Kerkoff, kompleks kuburan marsose Belanda. Serta sejumlah objek wisata lainnya,” ujar Illiza.

Ia menambahkan, dalam program Visit Banda Aceh Year 2011, pihaknya juga memperkenalkan pariwisata di Sabang dan Aceh Besar. Karena, ketiga wilayah ini dinilai memiliki keterikatan bagi pengembangan pariwisata. Sabang dan Aceh Besar, memiliki objek wisata alami, sedangkan Banda Aceh menyediakan akomodasi bagi wisatawan. Didampingi Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Drs Mahdi, Illiza mengatakan, pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan penghasil devisa bagi Pemko Banda Aceh. Sektor ini juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat dengan hadirnya industri-industri rumah tangga. “Karenanya, kami berharap program ini berjalan sukses,” demikian Illiza.(awi)

sumber : http://www.serambinews.com/

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s