MV Clipper Odyssey Berlabuh di Ulee Lheue

Seratusan Turis Disambut Tarian Ranup Lampuan

BANDA ACEH – Sebanyak 115 turis asal Eropa yang menumpang kapal pesiar MV Clipper Odyssey, sekitar pukul 07.30 WIB kemarin, tiba di pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. Para wisatawan yang sedang melakukan tur keliling Pulau Sumatera itu, disambut dengan tarian Ranup Lampuan dan pengalungan bunga oleh Wakil Wali Kota, Illiza Sa’aduddin Djamal.
Para wisatawan yang berasal dari Amerika, Afrika Utara, Spanyol, Inggris, dan Belanda, itu kemudian melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Banda Aceh. Antara lain, Masjid Raya Baiturrahman, Museum Aceh, Rumoh Aceh, Kapal PLTD Apung, dan kuburan massal di Ulee Lheue.

“Ini pertama kali kita menerima kunjungan tamu dari Eropa dengan kapal pesiar. Selain mengajak mereka ke objek wisata, kita juga memperkenalkan kue-kue tradisional, serta hasil kerajinan masyarakat Aceh,” kata Illiza usai melakukan pengalungan bunga kepada salah seorang wisatawan.

Sementara seorang turis asal Afrika Utara yang ikut dalam romobongan itu, Jonathan Rossouw, saat ditemui Serambi mengaku mengenal Aceh melalui televisi pada saat tsunami 2004 lalu. Menurut Direktur Zegrahm Expedition ini, kedatangannya ke Aceh untuk melihat lebih dekat kondisi Aceh pascatsunami.

Selain Jonathan, turis lainnya Bob Fuehrer dan istrinya Sharon Fuerhrer asal Amerika ini, mengaku sangat terkesan dengan keindahan objek wisata Aceh, seperti Masjid Raya Baiturrahman. Seratusan wisatawan itu juga sangat tertarik dengan aneka kerajinan tangan khas Aceh, seperti kain kasap, kain batik Aceh, tas dan dompet Aceh, perhiasan dari perak, payung, dan kupiah. “Tak sedikit dari mereka yang membelinya sebagai cindera mata,” kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh, Reza Fahlevi.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Serambi dari Syahbandar Ulee Lheue, Kapten Fauzi, menyebutkan kapal pesiar berbedera Bahamas yang dinakhodai Kapten Peter Fielding asal Inggris itu, sehari sebelumnya berada di perairan Lhokseumawe setelah menempuh perjalanan dari Singapura dan Belawan.

Ia menambahkan, MV Clipper Odyssey dengan panjang 103 meter dan lebar 15,4 meter itu, sekitar pukul 13.00 WIB, bersama 132 penumpang dan 74 anak buah kapal, melanjutkan pelayaran menuju Sinabang.(c47/saf)

sumber : http://www.serambinews.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s