Lampulo kembangkan jaringan internet

BANDA ACEH – Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, menjajaki pengembangan gampong berbasis teknologi informasi guna memudahkan warganya mendapatkan jaringan internet. Keuchik Lampulo, Alta Zaini, mengatakan upaya mewujudkan wilayah yang dipimpinnya sebagai gampung berbasis teknologi informasi tentu membutuhkan dukungan semua pihak.

“Membangun gampong berbasis teknologi informasi bukanlah hal mudah, perlu dukungan masyarakat, instansi terkait maupun pemerintah kota,” katanya, malam ini.

Ditambahkan, untuk mewujudkan gampong teknologi informasi juga membutuhkan anggaran, seperti membangun menara untuk antena koneksi internet dan pengadaan peralatan pendukung lainnya.

Menurutnya, jaringan internet nantinya akan disambungkan ke rumah penduduk, sehingga akan memudahkan masyarakat mengakses situs-situs, khususnya informasi dan ilmu pengetahuan di rumah mereka.

“Jika program ini terealisasi, kami akan membatasi masyarakat mengakses internet hanya situs-situs positif seperti informasi tentang pendidikan, ekonomi dan berbagai pengetahuan lainnya,” sebutnya.

Dikatakan, rencana mengembangkan jaringan internet di Gampong Lampulo sudah disampaikan secara lisan kepada Dinas Perhubungan Komunikasi, Informasi dan Telematika Provinsi Aceh.

Dinas tersebut, katanya, menyambut baik rencana membangun gampong berbasis teknologi informasi dan meminta agar proposal program pembangunan jaringan internet segera disampaikan.

“Kami juga menjajaki apakah penggunaan jaringan internet ini berbayar atau gratis. Kalau anggaran mencukupi, tentu akan diupayakan jaringan gratis. Masyarakat berharap program ini cepat terwujud,” katanya.

Dikatakan, masyarakat Gampong Lampulo yang dihuni 5.003 jiwa dan mayoritasnya bekerja sebagai nelayan menyambut baik rencana pembangunan jaringan internet.

“Gampong Lampulo juga sudah memiliki situs sendiri dan bisa diakses di http://www.gampong-lampuloaceh.com. Semua informasi tentang gampong tsunami ini bisa didapat di alamat tersebut,” katanya.

Editor: SATRIADI TANJUNG
(dat04/antara)  sumber :
http://waspada.co.id

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Penguatan & Pengembangan Kelembagaan Masy. dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s