Nak, energy drink bahaya!

whrefresh.com

Hati-hati...Minuman Berenergi Bahaya bagi Anak-anak dan RemajaREPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO – Minuman berenergi (energy drink) membahayakan anak-anak dan sebagian remaja jika dikonsumsi berlebihan. Demikian peringatan dari sebuah studi yang dilakukan oleh para dokter Amerika serikat. Mereka mengatakan, anak-anak tidak seharusnya mengonsumsi produk minuman yang populer itu.

Bahaya potensial, kata mereka, adalah akibat terlalu banyak kafein atau zat serupa itu. Akibat buruk yang ditimbulkan, mulai dari jantung berdebar-debar, kejang, stroke,  bahkan hingga kematian mendadak. Hasil penelitian itu dituangkan di jurnal kedokteran Pediatrics.

Di AS, minuman berenergi mulai menelan korban. Dakota Sailor, 18 tahun , siswa sebuah sekolah di Carl Junction, mengalami kejang dan dirawat di rumah sakit. ia diketahui selama lima hari berturut-turut mengonsumsi minuman beregergi merek tertentu yang beredar luas di AS.

Laporan itu mengatakan beberapa merek memiliki empat sampai lima kali lebih banyak kafein daripada soda dalam satu kalengnya.

Penulis laporan  meminta para dokter anak untuk secara rutin mengingatkan pasien dan orang tua mereka tentang penggunaan minuman energi dan untuk menyarankan untuk meminumnya.

Diperkenalkan lebih dari 20 tahun yang lalu, minuman energi mencatatkan pertumbuhan tercepat pasar minuman AS. Tahun 2011 penjualan diharapkan angka penjualannya di atas 9 miliar dolar AS, kata laporan itu. Ini mengutip penelitian menunjukkan bahwa sekitar sepertiga dari remaja dan dewasa muda secara teratur mengkonsumsi minuman energi. Namun, sangat sedikit penelitian tentang risiko dari penggunaan jangka panjang dan efeknya bagi anak-anak – terutama mereka dengan kondisi medis yang dapat meningkatkan bahaya, kata laporan itu.

Red: Siwi Tri Puji B   Sumber: AP –  http://www.republika.co.id
Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bid. Ketahanan Masyarakat, Selingan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s