Visit Aceh Year 2013

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh mencanangkan tahun 2013 sebagai tahun kunjungan wisata ke Aceh (Visit Aceh Year). Keputusan tersebut dicapai dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Aceh 2011 yang diadakan selama tiga hari (9-11/3) di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Plt Kepala Disbudpar Aceh, Rasyidah M Dallah SE MSi, mengatakan, rakor tersebut dihadiri 180 peserta dari perwakilan Disbudpar 23 kabupaten/kota di Aceh, instansi terkait, dan seluruh stakeholder bidang kebudayaan dan pariwisata di Aceh. “Semua sepakat menyongsong Program Gubernur Aceh tentang Visit Aceh Year (VAY) 2013,” katanya kepada Serambi kemarin.

Rasyidah menyebutkan, sejak 2005 tercatat ada 4.414 wisatawan manca negara berkunjung ke Aceh, 2006 meningkat menjadi 11.524 wisatawan. Tahun 2007, wisatawan yang masuk naik lagi menjadi 13.835 orang, dan 2008 menjadi 17.282 orang. Kenaikan terus terjadi di tahun 2009 sebanyak 18.589 orang dan di tahun 2010 naik menjadi 20.698 orang.  “Dengan melihat angka kenaikan jumlah arus kunjungan wisatawan enam tahun terakhir, saya yakin Aceh bisa menjadi destinasi pelancongan bagi masyarakat dunia. Objek-objek wisata yang kita miliki sangat menjual, yang perlu dipikirkan bagaimana kita mengemasnya lebih baik lagi,” ujar Rasyidah.

Aceh katanya, mempunyai banyak objek wisata unggulan, seperti wisata bahari, pergunungan dan danau, objek wisata tsunami, sejarah, religi, wisata budaya, dan wisata kuliner. Seluruh objek wisata tersebut berada hampir di seluruh kabupaten dan kota di Aceh. “Di rakor inilah kita menghimpun berbagai pemikiran dan kemudian kita akan menyatukan visi dan misi kita untuk mengemas pengembangan pariwisata Aceh ke depan. Sabang, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, dan Simelue, sudah menyatakan sangat siap untuk menyongsong Visit Aceh Year 2013,” tandas Rasyidah.

Sebagai langkah awal menyongsong Visit Aceh Year 2013 tersebut, pihaknya akan segera membentuk tim untuk melakukan evaluasi di setiap daerah dan kemudian baru menyusun program-program pendukung untuk Visit Aceh Year 2013. “Kita berharap dukungan dan kesiapan dari masyarakat kita, tokoh masyarakat, dan para stakeholder menyukseskan Visit Aceh Year 2013,” demikian Rasyidah. (c47)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s