Apeldoorn Ikut Indonesia City Expo

BANDA ACEH – Apeldoorn, salah satu kota di Belanda yang selama ini banyak membantu Banda Aceh juga ikut dalam Indonesia City Expo 2011 bersama 48 kota lain di Indonesia, di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh 28 Mei-1 Juni. Indonesia City Expo adalah rangkaian kegiatan dalam rangka rapat kerja nasional (Rakernas) Ke-8 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Banda Aceh.
“Delegasi dari Kota Apeldoorn juga ikut berpartisipasi dalam Rakernas Apeksi sebagai pemateri. Dalam Rakernas di Hotel Hermes Palace itu, delegasinya memaparkan pengalaman mereka dalam mengembangkan pariwisata,” ujar Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Drs Mahdi kepada Serambi, Minggu (29/5).

Sedangkan di Indonesia City Expo, lanjut Mahdi, Kota Apeldoorn memperkenalkan berbagai produk wisatanya serta semua hasil kerja selama membantu Banda Aceh mulai setelah tsunami sampai saat ini. “Bantuan yang telah diberikan Apeldoorn kepada Banda Aceh antara lain bidang sanitasi, kebersihan kota, dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemko Banda Aceh,” rincinya.

Khusus dalam rangka pelaksanaan penguatan SDM aparatur pemeritahan di Pemko Banda Aceh, lanjut Mahdi, Kota Apeldoorn telah membentuk Banda Aceh Academic yang merupakan badan diklat bagi PNS di jajaran Pemko Banda Aceh. “Tahun ini, pihak Kota Apeldorn juga membantu perencanaan pembangunan Kota Banda Aceh. Dalam program ini Kota Apeldoorn mensupport Pemko Banda Aceh dengan melatih SDM pemerintah gampong untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan gampong,” jelas Mahdi.

Amatan Serambi, sejak dibuka Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Ir H Eddy Santana Putra MT yang juga Wali Kota Palembang pada Sabtu (28/5) sore hingga tadi malam, Indonesia City Expo yang diikuti oleh 46 pemerintah kota, 18 Usaha Kecil dan Menengah (UKM), 200 Pedagang Kaki Lima, dan 18 Kuliner itu ramai dikunjungi warga.

Sementara itu, 98 wali kota peserta Rakernas Apeksi, Minggu (29/5) sekitar pukul 08.00 melakukan penanaman pohon khas daerahnya masing-masing di Hutan Kota Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Setelah itu, para wali kota beserta rombongan melakukan tur ke Kota Sabang.

Setelah pulang dari Sabang, mulai pukul 14.00 WIB kemarin, para wali kota dan rombongan melakukan tur tsunami di Banda Aceh dengan mengunjungi sejumlah situs tsunami seperti kapal apung, museum tsunami, dan sejumlah lokasi lainnya. Sementara tadi malam, ke 98 walikota itu mengikuti penutupan Rakernas Apeksi di Hotel Hermes Palace. Sedangkan besok (hari ini-red), semua wali kota akan kembali ke daerahnya masing-masing.(jal)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s