Aceh Gagal Karena Kurang Partisipasi Masyarakat

Lamteh Wakili Banda Aceh ke Provinsi

BANDA ACEH – Provinsi Aceh gagal meraih sukses pada lomba provinsi terbaik nasional di Jakarta tahun 2010 lalu, salah satunya disebabkan kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal itu dikatakan Ketua Tim Penilai Perlombaan Gampong Tingkat Aceh, Hasanuddin, saat melakukan penilaian di Desa Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Sabtu (18/6). Hasanuddin menyebutkan, tahun 2010 lalu Kota Langsa mewakili Aceh ke lomba tingkat nasional. Menurut dia, Aceh kalah dan kehilangan nilai pada indikator partisipasi. Ia mengatakan, tim pusat menilai bahwa partisipasi masyarakat Aceh dalam setiap program-program pemerintah masih kurang. “Kami berharap, kekurangan tahun lalu bisa kita perbaiki tahun ini,” katanya.

Dia menambahkan, kriteria penilai tetap bertumpu pada delapan indikator, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan, partisipasi, pemberdayaan masyarakat, dan penerapan syariat Islam. “Delapan indikator itu akan kita evaluasi untuk melihat sejauh mana keberhasilan program-program pembangunan selama 2009-2010, termasuk sejauhmana partisipasi masyarakat,” jelasnya. Sementara itu, Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh mewakili Kota Banda Aceh mengikuti Perlombaan Gampong Tingkat Provinsi. Kemarin, tim penilai dari provinsi melakukan penilaian di desa tersebut.

Hasanuddin mengatakan, pada Perlombaan Gampong Tingkat Provinsi 2011 ini, diikuti ada 15 gampong dari 15 kabupaten/kota di Aceh. “Nanti dari 15 gampong itu, kita akan ambil enam juara. Juara pertama inilah yang akan mewakili Aceh ke perlombaan tingkat nasional pada Juli 2011 mendatang,” demikian Hasanuddin. Sementara itu, Keuchik Lamteh Isnaini Husda mengatakan, Lamteh yangberpenduduk sekira 2.232 jiwa memiliki produk-produk unggulan antaranya keripik pepaya, budidaya ikan nila yang dibina oleh karangtaruna dan PKK.

“Sebenarnya persiapan kami sudah dari jauh-jauh hari. Kami Kita telah berbenah sejak 2007. Seperti kata Pak Wali Kota tadi, perlombaan ini harus dijadikan motivasi untuk perubahan yang lebih baik lagi. Semoga kita bisa memenuhi harapan Pemko Banda Aceh menjadi juara tingkat provinsi dan melaju ke tingkat nasional,” kata Isnaini. Turut hadir pada penilaian gampong tersebut, Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin, Wakil Wali Kota Illiza Sa’aduddin Djamal, serta sejumlah para pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh lainnya.(c47)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Penguatan & Pengembangan Kelembagaan Masy. dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s