Membersihkan Gelas Seusai Pesta

author : K. Tatik Wardayati

Ketika ada pesta di rumah, gelas yang ada di gudang keluar semua. Namun, kadang-kadang gelas pun terkena noda yang membandel. Bagaimana menghilangkan noda pada gelas dan membuatnya kinclong kembali?

  • Noda teh atau kopi yang membandel pada gelas dapat dihilangkan dengan garam. Gosoklah noda dengan garam kasar. Setelah itu cuci seperti biasa.
  • Ambil jeruk nipis/lemon atau belimbing wuluh lalu potong-potong. Gosokkan jeruk atau belimbing wuluh pada noda. Diamkan beberapa saat. Terakhir cuci seperti biasa.
  • Pada mug keramik, noda teh atau kopi dapat dibersihkan dengan baking soda. Taburkan sedikit baking soda pada noda. Lalu, gosok dengan sabut. Terakhir, cuci seperti biasa. Noda pun akan hilang.
  • Gelas beling (kaca) yang sudah lama dipakai atau sangat jarang digunakan biasanya terlihat kusam. Agar gelas kembali kinclong, cucilah gelas dengan air yang sudah dicampur dengan cuka. Gosok seluruh gelas itu dengan air tersebut. Lalu bisalah dengan air bersih.
  • Cara lain, bila Anda mengupas nanas, mata dan hatinya jangan dibuang. Gunakan mata dan hati nanas yang sudah diremas-remas untuk menggosok gelas yang kusam. Setelah itu, cuci gelas seperti biasa.
  • Lemari tempat menyimpan gelas harus dibersihkan dengan lap basah, supaya gelas tetap bersih.
  • Bila suatu ketika gelas-gelas Anda yang menumpuk sulit dilepaskan, jangan panik! Oleskan sabun colek di mulut masing-masing gelas lalu diamkan beberapa saat. Gelas pun akan lebih mudah dilepaskan.
  • Atau rendam tumpukan gelas tadi dalam seember air sambil diputar-putar perlahan. Kalau masih saja tidak mau lepas, rendam gelas selama sekitar 15 menit, lalu putar-putar lagi, sampai gelas dapat dipisahkan dengan mudah.
  • Bisa juga dengan cara mengisi gelas sebelah atas dengan air dingin dan gelas yang paling bawah direndam dalam air panas. Dengan harapan gelas yang bawah akan memuai, sedangkan gelas yang di atas akan menyusut sehingga gelas akan mudah dilepas. Cuma hati-hati, karena gelas bisa pecah akibat perbedaan suhu.

Selamat mencoba.

sumber : http://intisari-online.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Selingan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s