11 kebiasaan makan yang sehat

Makan merupakan bagian dari aktifitas kita yang tidak bisa ditinggalkan, apa yang kita makan dan bagaimana kita makan ikut menentukan kesehatan tubuh kita.
Kebiasaan dalam makan yang tidak tepat bisa merugikan kita, bukannya malah menyehatkan, tapi kadang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Mungkin dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang berhubungan dengan makan yang sebaiknya dilakukan:
1. Bagi piring menjadi 4 bagian

Bagi piring anda menjadi 4 bagian. Isi 1/4 bagian dengan nasi, 1/4 bagian lagi dengan lauk, dan 1/4 bagian dengan sayuran. Sebaiknya hindari makanan yang dimasak dengan banyak minyak atau bersantan.2. Santap sayur terlebih dahulu

Mengonsumsi sayur sebelum menyantap nasi dan lauk-pauknya akan mengisi setengah dari kapasitas lambung dengan asupan rendah kalori namun kaya nutrisi.

3. Gunakan piring kecil

Makanlah tiga kali dalam sehari. Makan dalam porsi kecil tapi sering lebih baik daripada makan sekali dalam porsi besar.

Agar tak makan berlebihan, coba gunakan piring yang sedikit lebih kecil dari ukuran normal. Makan berlebihan tidak baik bagi kesehatan, karena suplai karbohidrat menjadi berlebihan. Dan efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.

4. Menahan diri

Terkadang, karena merasa makan belum kenyang, orang cenderung untuk mengambil porsi kedua. Tahan dulu! Penelitian menemukan bahwa otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menangkap sinyal kenyang.

5. Makan jangan terburu-buru

Makan terburu-buru membuat makanan tidak dikunyah dengan benar. Jika makanan dikunyah halus, saat tiba di saluran cerna, nutrisi makanan langsung diserap. Tubuh pun segera merasa kenyang. Makan terburu-buru juga membuat makanan yang masuk tidak terkontrol.

6. Pilih camilan sehat

Kebiasaan ngemil bisa saja dipertahankan, tapi pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan segar atau agar-agar tanpa gula dan diberi sirup rendah kalori.

7. Sarapan tidak terlalu kenyang

Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.

8. Makan malam minimal 3 jam sebelum tidur

Makan malam, menu lengkap dengan porsi sedang saja. Usahakan makan malam 2 – 3 jam sebelum pergi tidur, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.

9. Minum dahulu

Terkadang orang tidak bisa membedakan rasa lapar dengan haus. Sebelum memutuskan untuk ngemil, minumlah segelas air putih dulu. Bila masih merasa lapar, tubuh mungkin memang butuh makanan. Pilihlah camilan rendah kalori.

10. Banyak minum air putih

Menurut penelitian, setiap gelas yang diminum akan memicu reaksi yang disebut thermogenesis, yaitu kondisi saat tubuh meningkatkan metabolismenya dan membakar lemak di tubuh. Minum 8 gelas air putih sehari akan membantu membakar 150 kalori per harinya.

11. Rutin olahraga dan aktifitas fisik

Olahraga akan membantu membakar lemak di tubuh lebih cepat. Olahraga yang efektif untuk membakar lemak adalah olahraga yang dilakukan selama 1 jam.

Aktivitas fisik juga membantu tubuh membakar kalori. Misalnya, menggunakan tangga ketimbang lift. Di rumah, ikutlah bermain bersama anak-anak. Usahakan tubuh selalu bergerak.

sumber : http://www.smallcrab.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Selingan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s