Tips Belajar dan Sukses Sekolah

Buat Rencana dan Target
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik dan target yang harus dicapai. Buat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Jangat takut membuat target yang sulit. Selama bekerja keras dan berusaha tanpa kenal target yang sulit dapat dicapai. Bila gagal dalam target jangan putus asa perbaiki segera untuk dicapai dalam tahun berikutnya

Disiplin Waktu dan Jangan Menunda
Berdisiplinlah dengan waktu dan jangan pernag menunda pekerjaan. Belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Berhematlah dengan waktu, sebenanrnya bila dihitung dengan cermat waktu belajar kita hanya sebentar dan tidak efektif.

Niat Kuat, Kerja Keras dan Berdoa

Niat yang tulus dalam mencapai prestasi di sekolah, disertai kerja keras dan berdoa adalah kunci utama semua keberhasilan prestasi sekolah

Buatlah aturan dan larangan pribadi
Untuk mencapai target yang berat harus diuatlah aturan dan larangan diri sendiri. Misalnya tidak akan main game, HP, BBM, Internet, chatting dan menonton televisi selama bukan hari libur. Kalaupun menonton televisi batasi hanya setengah jam untuk acara favorit yang penting dan mendidik. Kalaupun buka internet untuk hal penting seperti buka email atau mengerjakan tugas sekolah

Aktif Bertanya
Tanya Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.

Catat Hal Penting dan yang tidak diketahui
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat berbagai yang guru jelaskan. Juga catat hal yang belum jelas atau tidak tahu. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.

Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

Buat Ringkasan Pelajaran
Ringkasan pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.

sumber : http://mediaanakindonesia.wordpress.com

Iklan

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s