Ayo Menanam Pohon

Ayo menanam pohon dan budayakan menanam pohon.

– Pohon menghasilkan oksigen. Rata-rata sebatang pohon mampu menghasilkan oksigen hingga 1,2 kg perhari. Bahkan sebatang pohon trembesi mampu menghasilkan 78 kg O2 perharinya (28,48 ton/tahun). Padahal seorang manusia rata-rata menghirup 0,5 kg O2 perharinya.

– Akar pohon menyerap air hujan ke tanah, mencegah air meluap menjadi banjir saat musim penghujan dan mengikat air sehingga menjadi cadangan air tanah yang dapat digunakan hingga musim kemarau.

Gerakan Perempuan Tanam, dan Pelihara (GPTP)

Ny. Vita Gammawan Fauzi yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Pusat dalam kunjungannya pada Kader dan Pengurus PKK Gampong Lampaseh Kota Selasa (13/3/2012) menyampaikan bahwa tantangan lingkungan hidup yang paling berat yang akan dialami oleh umat manusia di muka bumi ini ke depan adalah terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim. Akibatnya, ada bagian bumi yang curah hujannya berlebihan dan adapula yang berkurang.

“Kita bisa rasakan sekarang, curah hujan yang turun sudah tidak menentu, dulu musim hujan sering turun hujan pada bulan yang akhirannya “ber”, seperti November, September, Oktober dan Desember, sekarang malah ada daerah yang kemarau pada bulan tersebut, oleh karena itu mari kita tingkatkan semangat menanam pohon dalam rangka menyelamatkan bumi, katanya. Dijelaskan pula khusus daerah Aceh, saya melihat begitu banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan bumbu tambahan dalam masakan. Salah satunya seperti buah “Asam Sunti” kalau dalam masyarakat minang dikenal asam kandis. Menurutnya asam sunti (belimbing wuluh kering) dapat dijadikan salah satu komoditi yang dapat bernilai ekonomis dan efisien. Disebut ekonomis karena asam sunti sangat diminati oleh masyarakat Aceh yang berada di daerah Aceh maupun masyarakat Aceh yang berada di luar Aceh sehingga dapat bernilai jual, dan efisien maksudnya dalam memproduksinya tidak mengeluarkan biaya besar.

Salah satu strategi tersedianya pangan dalam keluarga adalah memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki keluarga melalui pemanfaatan lahan yang sempit atau terbatas untuk diproduktifkan guna mencukupi keperluan sehari-hari.”

Turut hadir pada acara tersebut Ketua PKK Provinsi Aceh Ny. Inayati Tarmizi Karim, Ketua PKK Kota Banda Aceh, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banda Aceh, para Kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh, Camat Kuta Raja, Geuchik Gampong Lampaseh Kota, tokoh masyarakat dan unsur PKK Gampong tersebut.

 Sebelumnya Ketua PKK Provinsi Aceh Hj. Inayati Tarmizi Karim dalam laporannya menjelaskan kegiatan menanam pohon merupakan rangkaian dari kegiatan Gerakan Perempuan Tanam, dan Pelihara (GPTP) yang digagas oleh Ketua PKK Pusat. Lahan warga yang luasnya kurang lebih 20m x 20m yang terletak disebelah Mesjid Bani Salim Lampaseh Kota akan kita tanam jenis tanaman produktif seperti mangga, Belimbing wuluh dan sebagainya. Diharapkan agar setelah selesai ditanam nantinya warga Lampaseh dapat merawat tanaman tersebut sampai besar dan menghasilkan buah yang dapat diambil manfaatnya oleh warga Lampaseh Kota, pintanya.

 “Usai acara, Ny Vita Gammawan Fauzi beserta seluruh undangan bergerak menuju lahan yang telah disiapkan untuk melakukan penanaman pohon. Penanaman pohon diawali oleh Ny. Vita Gammawan Fauzi dilanjutkan Ketua PKK Provinsi Aceh, Ny. Kajati Aceh, serta Camat setempat.

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id (diolah)

Tips : Cara menaam pohon yang benar

 

 

 

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita, Bid. Ketahanan Masyarakat dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s