Lambhuk Garap Tambak Desa

BANDA ACEH – Desa Lambhuk, Kecamatan Uleekareng, Banda Aceh, saat ini tengah merealisasikan tambak air tawar sebagai salah satu pendapatan desa. Menurut Keuchik Lambhuk, M Nasir Ibrahim, areal tambak air tawar itu memiliki luas sekitar 2.800 meter persegi, yakni tanah yang diwakafkan warga untuk desa. “Kami mendapatkan bantuan sarana produksi (saprodi) dari Pemko Banda Aceh melalui Dinas Sosial,” ujar Nasir, kemarin.

Ditambahkan, pembuatan tambak desa itu dilakukan secara padat karya, dengan melibatkan warga sebagai penggarap. Setelah itu, pihak desa akan memberikan pengelolaan secara berkelanjutan kepada kelompok yang telah mendapatkan pelatihan untuk budidaya ikan air tawar.

“Nantinya di tambak itu akan dipelihara ikan lele dumbo, dengan jumlah bibit sekitar 20.000 ekor. Bibit berserta pakan dan bantuan pengolahan tanah diberikan oleh Pemko Banda Aceh. Kami hanya menyediakan lahan plus tenaga kerja,” ujar Keuchik Nasir.

Nantinya, tambak desa itu akan dimanfaatkan secara penuh untuk pendapatan desa. Lambhuk saat ini juga memiliki stadion sepakbola yang terhitung representatif, yang juga ikut mendukung pemasukan untuk desa tersebut.(nur)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Pemberdayaan Ekonomi Masy. dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s