Diklat PIM IV Angkatan III Pemko Banda Aceh 2012

Bertempat di Aula Grand Aceh Hotel Banda Aceh, Senin (23/4) Walikota Banda Aceh Drs. T. Saifuddin TA, M.Si membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan IV Angkatan ke III tahun 2012 dijajaran Pemko Banda Aceh.

Acara yang dihadiri perwakilan Badan Diklat Provinsi Aceh, Kepala BKPP Kota Banda Aceh, para Widya Iswara, beberapa Kepala SKPD serta para peserta Diklat PIM IV dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa peserta Diklat PIM IV kali merupakan orang-orang terpilih yang akan menjadi seorang pemimpin. Dikatakannya indikator kemajuan sebuah kantor/ birokrasi/daerah/gampong sangat ditentukan oleh kualitas pemimpinnya. “Diklat Pim IV ini merupakan “bekal” untuk memimpin dan membina para staf dibawah anda, saya harap bapak-ibu dapat memanfaatkan Diklat ini untuk menggali dan memperoleh ilmu seluas-luasnya tentang cara memimpin di lingkup SKPD masing-masing”.

 Dikatakannya persoalan utama yang dihadapi pemerintah saat ini adalah rendahnya kualitas kepemimpinan sehingga sangat sulit membedakan mana Kepala dan mana staf. Apalagi jika suatu jabatan struktural seseorang berdasarkan “like dan dislike”, dapat dipastikan pemerintah tidak akan mampu membangun kota, kita tidak akan mampu membangun birokrasi yang bersih, ungkap Walikota.

 Oleh karena itu Walikota menganggap sangat cocok tema yang diusung pada Diklat PIM IV ini dengan tema “ Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Aparatur dalam Rangka Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan Optimalisasi Pelayanan Prima Kepada Masyarakat” .

 Walikota meminta agar peserta dapat mengoptimalkan diklat materi yang disampaikan pada diklat tersebut. Sehingga ketika keluar dari Diklat tersebut bapak-ibu akan memiliki kapasitas dan integritas untuk memimpin beberapa orang staf dibawahnya. Karena di Diklat akan diajarkan teori-teori kepemimpinan bagaimana cara kita menghargai atasan kita dan bagaimana kita bekerjasama dengan staf kita. Menurut Walikota seorang pemimpin itu bukan pada banyaknya omongan tapi yang paling penting adalah perilaku dan keteladanannya, sehingga dapat dijadikan contoh bagi para stafnya, kata Walikota.

 Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banda Aceh diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 25 orang laki-laki. Dijelaskan pula pelaksanaan Diklat Pim IV Angkatan III berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000 Tentang Diklat Jabatan PNS yang berbasis kompetensi. Lebih lanjut Natsir mengatakan acara Diklat Pim IV bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi para pejabat struktural dilingkungan Pemko Banda Aceh. Diklat yang berlangsung selama 39 hari akan dilaksanakan mulai 23 April sampai 30 Mei 2012 dan memakan waktu 285 jam pelajaran.

 Lebih lanjut Natsir menjelaskan dari 422 orang pejabat Eselon IV yang belum mengikuti Diklat Pim IV sebanyak 64 orang, sementara pejabat eselon III 136 orang belum mengikuti Diklat Pim IV, dan 27 orang juga belum mengikuti pim III, sedangkan dari 28 pejabat eselon II yang belum mengikuti Diklat Pim II berjumlah 11 orang. Selain materi didalam kelas, para peserta Diklat Pim IV juga mengikuti materi “Out Bound” sebanyak 36 jam pelajaran dan observasi lapangan selama 6 hari yang fokusnya akan dilaksanakan di BKN Pusat dan Kemen PAN di Jakarta.

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Diklat PIM IV Angkatan III Pemko Banda Aceh 2012

  1. salut berkata:

    wahhhhh…bagus sekali info nya
    tolong di search website saya jugak ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s