PMTAS di SD 14 Banda Aceh

Kamis, 4 Oktober 2012 SDN 14 Banda Aceh mulai melaksanakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Hari pertama pelaksanaan PMT-AS ini dihadiri oleh Perwakilan dari BPM Provinsi Aceh, Perwakilan dari BPM Kota Banda Aceh ((Kabid Ketahanan Masyarakat (Nurbaiti, S.Sos), Kasubbid Motivasi dan Swadaya (M.Jamil, S.Sos) dan Arliadi, SP (staf subbag Keuangan)), Keuchik Pango Raya Kec. Ulee Kareng (Kamaruzzaman)  dan Ketua TP. PKK Pango Raya,  serta Sekretaris Disdikpora Kota Banda Aceh.

Kepala SDN 14 Banda Aceh (Ramli, S.Pd, M.Pd) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari BPM Provinsi Aceh, melalui Bantuan Jajanan PMTAS  untuk TK/SD/MI se-Aceh Tahun 2012 sebesar Rp. 20.000.000,- dan Biaya Manajemen PMTAS sebesar Rp. 2.000.000,- diperuntukkan bagi 122 orang murid.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan fisik murid SD di gampong, sekaligus berupaya memperbaiki keadaan gizi dan kesehatan anak sekolah. Dalam rangka peningkatan asupan gizi pada peserta didik inilah diterbitkan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 1 tahun 2010, yang mengamanatkan penyediaan makanan tambahan kepada peserta didik TK/SD dan RA/MI terutama di daerah tertinggal, terisolir, terpencil, perbatasan, di pulau-pulau kecil, dan/atau terluar, serta di daerah pedalaman.

Data perkembangan PMTAS Kota Banda Aceh 2009-2012

==================================

Pengertian PMT-AS

Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah yang selanjutnya disingkat PMT-AS adalah kegiatan pemberian makanan kepada peserta didik TK dan SD dalam bentuk kudapan beserta kegiatan pendukung lainnya, dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

Tujuan Umum

Memperbaiki asupan gizi peserta didik TK dan SD sehingga meningkatkan ketahanan fisik, minat dan kemampuan belajar dalam rangka menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif.

Tujuan Khusus

Secara khusus tujuan PMT-AS adalah:

  1. Meningkatkan asupan gizi peserta didik TK dan SD melalui penyediaan makanan tambahan
  2. Meningkatkan ketahanan fisik peserta didik TK dan SD dalam mengikuti kegiatan belajar.
  3. Meningkatkan kehadiran dan minat belajar peserta didik TK dan SD dalam kegiatan belajar mengajar
  4. Meningkatkan pengetahuan dan perilaku peserta didik TK dan SD agar menyukai makanan lokal bergizi, dalam mewujudkan rasa cinta terhadap makanan Indonesia.
  5. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat termasuk kebiasaan makan yang sehat.
  6. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dan menyediakan bahan pangan lokal.
  7. Membantu upaya peningkatan pendapatan masyarakat melalui peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan setempat.

pmtas.ditptksd.go.id

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Ketahanan Masyarakat dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s