Walikota Harap Pelajar Banda Aceh Jadi Generasi Emas

esqBanda Aceh-Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin M. Eng, Sc berharap para pelajar yang telah dibekali Training ESQ dapat menjadi generasi emas di masa yang akan datang. Demikian harapan Walikota saat memberi sambutan pada acara Training ESQ bagi pelajar SMA/SMK se-Kota Banda Aceh di aula Pemko Banda Aceh Sabtu (9/3/2013).

Walikota mengatakan pelatihan Emosional Spiritual Quotion (ESQ) bagi para pelajar dimaksudkan untuk menguatkan nilai kecerdasan emosional (EQ), nilai kecerdasan spriritual (SQ) yang dipadukan dengan kecerdasan intelektual (IQ). “Melalui keterpaduan emosional, spiritual dan intelektual itu pelajar diharapkan dapat membentuk karakter pribadi yang tangguh, jujur, adil, disiplin, kreatif dan peka terhadap lingkungan,” kata Mawardy seraya menambahkan bahwa banyak pelajar masa kini sudah mengalami degradasi moral, menurunnya rasa nasionalisme, dan terkikisnya jati diri.

“Kami yakin siswa sekolah SMA di Banda Aceh dapat membentengi dari berbagai ekses di era globalisasi seperti tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, merosotnya nilai yang dapat mengancam bagi kelangsungan kehidupan generasi muda,” katanya. Mawardy mencontohkan bila seorang pemimpin tanpa kecerdasan spiritual dan emosional diibaratkan pemimpin yang tidak percaya kepada tuhan seperti yang terjadi di negara barat dengan menghalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Dikatakannya Training ESQ bagi para pelajar diberikan sebagai materi tambahan saja karena training seperti ini tidak diajarkan pada mata pelajaran sekolah. Namun lanjutnya yang paling berperan untuk membentuk karakter seorang anak adalah keluarga masing-masing. Disisi lain katanya pula Pemerintah merasa perlu memberi perhatian dan bertanggung jawab terhadap para pelajar, salah satunya seperti yang dilakukan Pemko pada hari ini dengan memberikan training ESQ bagi para pelajar.

Sebelumnya Ir. Nurshanty Adnan selaku panitia pelaksana training ESQ dalam laporannya mengatakan kegiatan training ini dilakukan dibawah program kerja PKK Kota Banda Aceh Pokja I yang bergerak di bidang pengamalan akhlakul karimah. Dijelaskannya kegiatan training adalah program untuk mensinerjikan tiga kecerdasan sekaligus yaitu EQ, IQ dan SQ.

Disampaikannya pula bahwa tujuan training ESQ bagi pelajar adalah untuk meningkatkan akhlak anak-anak Banda Aceh menjadi lebih baik lagi kedepannya agar menjadi anak-anak emas di tahun 2020 seperti yang diharapkan oleh ESQ Training Center. Dikatakannya kegiatan Training ESQ bagi para pelajar merupakan program rutin tahunan PKK Kota Banda Aceh. Dan untuk training ESQ angkatan VI 2013 PKK memberikan training kepada 150 pelajar yang terdiri dari siswa SMA, SMK, Pesantren dan panti asuhan di Kota Banda Aceh.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / TRZ)

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Ketahanan Masyarakat dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s