Sambut Ramadhan, Warga Peuniti Bersama Muspika Bersihkan Lingkungan

Banda Aceh – Banyak cara dilakukan umat Islam untuk menyambut bulan puasa. Bersih-bersih lingkungan bisa jadi salah satu pilihannya. Seperti yang dilakukan warga Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Jumat (5/7/2013). Ratusan warga bersama dengan Muspika Kecamatan Baiturrahman, Satpol PP dan tenaga medis Puskesmas Kecamatan setempat membersihkan lingkungan sekitarnya untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Kegiatan bersih-bersih yang diinisiasi oleh Camat Baiturrahman ini dilakukan pada tempat umum di kawasan lingkungan mereka. Mulai jalan, Rumah Ibadah, selokan, hingga rumah warga. Warga yang terlibat dalam bersih-bersih lingkungan itu, tidak hanya diikuti oleh kalangan bapak, tapi juga ibu-ibu rumah tangga. Mereka bersatu membersihkan lingkungannya.

Camat Baiturrahman melalui Sekretaris Kecamatan Rizal, S. STP kepada media ini megatakan, kegiatan yang dilakukan oleh warga bersama dengan Muspika adalah dalam rangka memberi kenyamanan kepada warga melakukan ibadah puasa di Bulan Ramadhan nanti. “Kita melihat animo masyarakat dalam menyambut bulan Ramdhan sangat tinggi, kita hanya mendorong mereka untuk melakuka kegiatan ini. Dan upaya membersihkan lingkungan seperti ini merupakan tanggung jawab bersama dari masyarakat” Jelas Rizal. “Kalau lingkungan sudah bersih, tentunya warga akan aman dari penyakit dan tentunya akan merasa nyaman dalam menjalankan ibadah puasa nantinya” sambung Rizal.

Pantauan dilapangan, selain melakukan gotong-royong, para tenaga medis yang tergabung dalam Tim Jemantik juga ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan mendatangi rumah-rumah warga agar mereka mengerti cara pencegahan dari serangan penyakit malaria dan DBD. Gotong-royong yang dilakukan warga Peuniti ini berlangsung sekitar tiga jam, yakni dimulai pukul 08.00 Wib dan berakhir pukul 11.00 Wib. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id

Tentang bpmkotabandaaceh

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di Berita, Bid. Ketahanan Masyarakat dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s